Banyak cara atau aktivitas untuk merayakan Kemerdekaan RI. Acaranya di lapangan itu biasa. Yang tak biasa adalah di dalam gerbong kereta commuterline. Para penumpangnya terlibat langsung meriahkan Kemerdekaan dengan suka cita. Ini terlaksana berkas kerjasama PT KAI Commuter Indonesia dengan MacroAd, juga anak-anak Pramuka Kota Bogor.

Di dalam gerbong kereta, layar MacroAd menayangkan kibaran bendera merah putih. Lantas penumpang melaksanakan upacara bendera dengan menyanyikan lagu “Indonesia Raya”. Momen langka peringatan Kemerdekaan RI ini terjadi di KRL nomor KA 1125, berangkat dari Stasiun Bogor hingga Stasiun Cilebut. Hanya gerbong 9 dan 4 yang digunakan untuk acara ini.

Para penumpang di dalam gerbong 9 dan 4 menghormati bendera, yang ditayangkan di layar Macro Ad. Upacara khidmat berlangsung sekitar 5 menit, bermula dari jadwal keberangkatan KRL dari Stasiun Bogor, pukul 10.45.

“Ini perayaan Agustusan yang unik ya. Saya nggak menyangka ada upacara kemerdekaan di dalam kereta ini. Terima kasih ya kepada KJC untuk mengingatkan kita dengan upacara Kemerdekaan seperti ini,” ujar Dede Surachman, warga Depok.

Menurut Adli Hakim, Humas KAI Commuter Indonesia, tujuan acara peringatan di dalam gerbong kereta dimaksudkan untuk mengingatkan penumpang bahwa hari Kemerdekaan adalah momen penting untuk membangkitkan nasionalisme.

“Selain upacara bendera, untuk memeriahkan HUT RI, PT KAI mengadakan program pembagian tiket gratis bagi penumpang KRL Jabodetabek mulai pukul 8 pagi hingga 5 sore. Ini sebagai bentuk terima kasih kami kepada penumpang, yang selama ini masih setia menggunakan KRL sebagai transportasi umum,” jelas Adli Hakim. [yogs/berbagai sumber]